THE IMPACTS OF TOUR GUIDE’S INTERPRETATION ON GREEN TOURISM The Case of Tour Guide Interpretation in Sustaining Sacred Sites in Bali

Main Article Content

Ni Made Rai Erawati I Ketut Budarma

Abstract

Makalah ini meneliti dampak interpretasi pemandu wisata pada pariwisata hijau, terutama dalam mempertahankan situs suci di pulau Bali. Tiga bidang utama dipertanyakan, (i) apakah penafsiran memiliki kapasitas untuk mempertahankan baik secara fisik dan (ii) metafisik, (iii) apakah keberlanjutan situs suci membawa manfaat bagi kesejahteraan penduduk setempat. Sikap dan perilaku pengunjung dibangun oleh interpretasi pemandu wisata, mereka menghormati situs dan berperilaku yang sesuai dan membuat situs berkelanjutan. Interpretasi adalah kegiatan edukatif yang menyampaikan makna dari objek yang dikunjungi, sangat diperlukan karena pengunjung berasal dari latar belakang budaya yang berbeda. Penelitian ini menemukan bahwa perilaku wisatawan dibangun oleh interpretasi, perilaku positif membawa nilai berkelanjutan ke situs yang dikunjungi untuk kesejahteraan masyarakat setempat.



Kata Kunci : Dampak, Interpretasi, Pariwisata hijau, Keberlanjutan situs yang disakralkan

Article Details

How to Cite
RAI ERAWATI, Ni Made; BUDARMA, I Ketut. THE IMPACTS OF TOUR GUIDE’S INTERPRETATION ON GREEN TOURISM. Sekolah Tinggi Pariwisata Triatma Jaya, [S.l.], v. 9, n. 2, p. 166-178, feb. 2020. Available at: <http://triatmajaya.ejurnal.info/index.php/triatmajaya/article/view/121>. Date accessed: 18 jan. 2022.
Section
Articles